Unduh Adobe Flash player

Pengertian kabel UTP dan kabel STP

Sebelum belajar tentang jaringan, modal awal yang harus di ketahui pertama kali tentunya adalah jenis kabel apa yang dapat di gunakan untuk dapat membuat sebuah jaringan, kali ini saya akan share jenis kabel yang dapat digunakan untuk membuat sebuah jaringan.yaitu kabel UTP dan kabel STP, sebenarnya apakah yang dimaksud dengan kabel UTP dan kabel STP itu...??

Berikut ini adalah pengertian dari kabel UTP dan kabel STP.
Kabel STP








Kabel STP (Shielded Twisted Pair) merupakan salah satu media transmisi yang digunakan untuk membuat sebuah jaringan  yang berbasis lokal atau biasa disebut LAN (Local Area Network). Sesuai namanya Shielded Twisted Pair berarti kabel pasangan berpilin atau terbelit dengan pelindung. Hampir sama dengan kabel UTP tapi kabel STP mempunyai selubung lagi yang menyelubungi ke 4 lilitan kabel di dalamnya. Fungsi lilitan dan kulit penyelubung ini adalah sebagai eleminasi terhadap induksi dan kebocoran.


Kabel UTP

Kabel UTP (Unshielded Twisted Pair) merupakan salah satu media transmisi yang paling banyak digunakan untuk membuat sebuah jaringan yang berbasis lokal atau biasa disebut LAN (Local Area Network). Sesuai namanya yaitu Unshielded Twisted Pair berarti kabel pasangan yang berpilin atau terbelit tanpa pelindung. Fungsi dari lilitan ini adalah sebagai eleminasi terhadap induksi dan kebocoran. kabel jenis banyak digunakan untuk membuat sebuah jaringan selain harganya yang tidah terlalu mahal, kabel ini juga mudah untuk memotongnya karena hanya mempunyai satu kulit penyelubung. oleh karena itu banyak orang yang menggunakan kabel jenis ini untuk membuat sebuah jaringan.

Demikian penjelasan dari kabel UTP dan kabel STP, semoga bermanfaat.



1 komentar:

  1. Terimakasih artikelnya bermanfaat

    moga ilmunya makin bertambah

    BalasHapus