Unduh Adobe Flash player

Tujuan Pokok dan Fungsi Komputer

Tujuan pokok dari sistem komputer adalah mengolah data untuk menghasilkan informasi sehingga perlu didukung oleh elemen-elemen yang terdiri dari perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), dan brainware. perangkat keras adalah peralatan komputer itu sendiri, perangkat lunak adalah program yang berisi perintah-perintah untuk melakukan proses tertentu, dan brainware adalah manusia yang terlibat di dalam mengoperasikan serta mengatur sistem komputer.

sruktur komputer di definisikan sebagai cara-cara dari tiap komponen saling terkait. sedangkan fungsi komputer didefinisikan sebagai operasi masing-masing komponen dalam sruktur tersebut adalah sebagai berikut :

A. Input Device (Alat Masukan)

Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat untuk memasukan data atau perintah ke dalam komputer. Input Device adalah alat yang digunakan untuk menrima input dari luar sistem, dan dapat berupa signal input atau maintenance input. Di dalam sistem komputer, signal input berupa data yang dimasukan ke dalam sistem komputer, sedangkan maintenance input berupa program yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukan. dengan demikian, alat input selain digunakan untuk memasukan data juga untuk memasukan program.

1. Keyboard

Merupakan alat input standart yang diperlukan dalam setiap PC. Komponen ini tidak mengalami perkembangan yang pesat. Hanya dalam konektor dalam PC nya saja yang mengalami perkembangan. Dimulai dengan keyboard XT, keyboard PS2, keyboard USB dan yang baru berkembang sekarang ini adalah keyboard wireless.


2. Mouse


Mouse merupakan komponen input yang sangat di perlukan jika menggunakan sistem operasi grafis. Mouse lebih banyak perkembangannya dari pada keyboard.
Mulai dari mouse serial, mouse PS2, mouse scroll, mouse optik, dan yang baru berkembang saat ini adalah mouse wireless.


 B. Output Device (Alat Keluaran)

Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data. Keluaran dapat berupa Hard copy ( ke kertas), Soft copy (ke monitor), ataupun berupa suara.
Output yang dihasilkan dari proses dapat digolongkan menjadi empat bentuk, yaitu tulisan (huruf, angka, simbol khusus), image (dalam bentuk grafis atau gambar), suara, dan bentuk lain yang dapat dibaca oleh mesin (machine-readable form). Tiga golongan pertama adalah output yang dapat digunakan langsung oleh manusia, sedangkan golongan terakhir biasanya digunakan sebagai input untuk proses selanjutnya dari komputer. peralatan output dapat berupa :

1. Hard copy device, yaitu alat yang digunakan untuk mencetak tulisan dan image pada media kertas seperti kertas atau film.
contoh : printer


2. soft copy device, yaitu alat yang digunakan untuk menampilkan tulisan dan image pada media lunak yang berupa signal elekronik.
Contoh : Monitor



C. I/O Ports
 

Bagian ini digunakan untuk menerima ataupun mengirim data ke luar sistem. I/O Ports disebut juga dengan bagian interface (antar muka).
karena peralatan input dan output di atas terhubung melalui ports ini.

D. CPU (Central Processing Unit)


CPU merupakan otak sistem komputer, dan memiliki dua bagian fungsi operasional, yaitu ALU (Arithmatical Logical Unit)sebagai pusat pengolah data, dan CU (Control Unit) sebagai pengontrol kerja komputer.


E. Memory

1. Random Access Memory (RAM)
 
 semua data dan program yang dimasukan melalui alat input akan disimpan terlebih dahulu di memori utama, khususnya RAM, yang dapat diakses secara acak (dapat diisi / ditulis, diambil,atau di hapus isinya) oleh pemrogram.
Struktur RAM terbagi menjadi empat bagian utama, yaitu :
  • Input storage, digunakan untuk menampung input yang dimasukan melalui alat input.
  • Program storage, digunakan untuk menyimpan semua instruksi-instruksi program yang akan diakses.
  • Working storage, digunakan untuk menyimpan data yang akan diolah dan hasil pengolahan.
  • Output storage, digunakan untuk menampung hasil akhir dari pengolahan data yang akan ditampilkan ke alat output.
 
2. Read Only Memory (ROM)
 
 Dari namanya, ROM hanya dapat di baca  sehingga pemrogram tidak bisa mengisi sesuatu ke dalam ROM. ROM sudah diisi oleh pabrik pembuatnya berupa sistem operasi yang terdiri dari program-program pokok yang diperlukan oleh sistem komputer, seperti misalnya program untuk mengatur penampilan karakter di layar, penisian tombol kunci papan ketik untuk keperluan kontrol tertentu, dan Bootstrap program. Program Bootstrap diperlukan saat pertama kali sistem komputer diaktifkan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar